Konfigurasi Printer Linux

Konfigurasi Printer

Konfigurasi printer yang paling umum di Linux adalah menggunakan CUPS. Untuk itu pastikan CUPS telah diinstall dan dijalankan.

Jika CUPS belum diinstall, Anda harus menginstall paket CUPS ini. Yang harus diinstall, adalah CUPS dan CUPS-drivers. Untuk mengetahui apakah CUPS ini sudah diinstall atau belum, Anda dapat mengetikan perintah # rpm -qa | grep cups.

Untuk memeriksa apakah CUPS telah dijalankan atau tidak, gunakan perintah service cups status. Jika ternyata belum dijalankan, gunakan perintah berikut untuk menjalankannya service cups start.

Ada 2 macam cara untuk melakukan konfigurasi printer, yaitu melalui Control Center (di Mandriva di namakan PrinterDrake) dan melalui Browser.

Konfigurasi printer melalui control center, sangat mudah sekali, seperti kita melakukan installasi printer di Windows, dan cara ini memang yang paling umum. Tetapi dalam pembahasan kali ini, Kita akan melakukan installasi printer melalui browser.

Untuk memulai konfigurasi, jalankan browser Anda dan ketikan localhost:631 pada alamat browser Anda. Bila muncul menu login, isikan username root dan passwordnya.

Berikut langkah-langkah installasi printernya:
  1. Pilih Add Printer
  2. Isikan Name, Location dan Description. Pengisian bebas, tetapi diusahakan pengisiannya sejelas mungkin agar orang lain yang membacanya dapat mengetahui tipe printer, lokasi printer tersebut.
  3. Pilih jenis koneksi dengan printer (paralel port, USB, serial port atau printer windows).
  4. Pilih merk printer
  5. Pilih tipe printer

Setelah langka-langkah tersebut dilakukan, maka installasi printer telah selesai dilakukan.

Saya memang tidak menjelaskan secara terperinci untuk masalah installasi printer ini, karena hal itu dapat dengan mudah dilakukan via GUI. Di sini, Saya akan lebih banyak menjelaskan tentang konfigurasi dari CUPS itu sendiri.

File konfigurasi printer berada di
Quote:
/etc/cups/printer.conf
Sedangkan file konfigurasi CUPS berada di
Quote:
/etc/cups/cupsd.conf
Bila printer Anda tidak berada dalam database driver CUPS, Anda dapat men-download versi terbaru dari CUPS di alamat http://cups.org.

Untuk printer HP (Hewlet Packard) yag mengalmi masalah berupa tidak bisa nge-print, dapat menggunakan driver foomatic.

Untuk melihat file log dari CUPS (bisa CUPS dirasakan ada masalah), ketikan perintah berikut:
Quote:
# tail -f /var/log/cups/error_log
Perlu diketahui bahwa perintah tersebut bersifat realtime, artinya proses penampilan log akan terus diupdate. Untuk kembali ke sheel, tekan Ctrl+C.

Bila printer Anda mengalami masalah dengan sharing ke Windows (tidak bisa nge-print), maka Anda harus:
  • Cek file /etc/cups/mime.convs
    Perhatikan di baris bawah, dan pastikan baris application/octet-stream tidak di comment.
  • Cek juga file /etc/cups/mime.types
    Perhatikan juga untuk baris yang sama. Dan pastikan juga diberikan comment.

Masalah ini yang harus Anda lihat terlebih dahulu, karena error inilah yang menyebabkan kesalahn terjadi. Setelah file konfigurasi di ganti, dan jalankan ulang service-nya dengan perintah service cups restart

No comments: